Visi dan Misi

 

 

VISI

  1. Mewujudkan Prodi Unggulan yang Islami, Profesional dan Mandiri dalam mengembangkan jiwa yang sehat seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat modern.
  2. Islami mengandung makna bahwa prodi Tasawuf dan Psikoterapi berwawasan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
  3. Profesional mengandung makna bahwa lulusan Prodi Tasawuf Psikoterapi UMC memiliki kompetensi keilmuan sesuai dengan bidang konsentrasi studi yang ditempuhnya.
  4. Mandiri mengandung makna bahwa lulusan Prodi Tasawuf Psikoterapi UMC memiliki jiwa kreatif, inovatif, dan kewirausahaan (entrepreneurship).

 

MISI

  1. Melakukan upaya-upaya kajian obyektif dan kritis atas fenomena psikologi teoritis dan terapan.
  2. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Mewujudkan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang sesuai dengan spirit Islam.

TUJUAN

  1. Jurusan Tasawuf Psikoterapi menyiapkan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga professional, yang berciri khas memiliki muatan Tasawuf Psikoterapi. Mereka diharapkan memilki profesionalisme dalam menghadapi gejala-gejala penyimpangan ajaran Islam.
  2. Untuk melahirkan sarjana-saarjana yang mampu menjembatani antara kebutuhan jasmani dan ruhani di abad modern yang berdasarkan nilai-nilai spiritual Islam.

PROFIL LULUSAN

  1. Menjadi praktisi psikoterapi Islam.
  2. Menjadi peneliti tasawuf dan psikologi terapan.
  3. Menjadi trainer, motivator, konsultan dan guide spiritual pada perusahaan dan pemerintahan.
  4. Pemandu rohani Islam di rumah sakit, lembaga permasyarakatan dan penyuluh agama Islam.